Yaesu FT-80C

Yaesu FT-80C

Rig ini sebenarnya dijual oleh Yaesu untuk konsumen corporate (bisnis), bukan untuk amatir, sehingga pada kondisi baru beberapa band amatir secara default di-disabled, dimana kita dapat mendengarkan namun saat transmit tidak bisa, diindikasikan dengan pesan error di displaynya. Jangan khawatir akan saya ungkapkan cara modifikasinya sehingga membuatnya menjadi sebuah radio transceiver amatir / general coverage diakhir tulisan ini. Versi amatir dari FT-80C adalah FT-747, yang keduanya memiliki fungsi dan panel depan yang sama persis, namun untuk FT-80C box terbuat dari plastik, sehingga lebih ringan.

Baik mari kita tengok spesifikasinya, diambil dari http://www.rigpix.com/protrx/yaesu_ft80c.htm dengan beberapa sisipan :

Type: Professional land mobile transceiver
Frequency range: TX: 1.5-30 MHz
RX: 0.5-30 MHz
Mode: AM/SSB/CW/RTTY/FM Optional
RF Power output: 100 W – Adjustabled
Sensitivity: N/A
Selectivity: N/A
Image rejection: N/A
Voltage: 13.8 VDC
Current drain: RX: ? mA
TX: Max ? A
Impedance: 50 ohms
Dimensions (W*H*D): ? mm
Weight: ? gr
Manufactured: 19xx-19xx

Performansi dari radio ini sesuai dengan yang saya rasakan adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan Pengoperasian = Mudah
  • Band Coverage = Seluruh Band Amatir dari 0.5-30MHz (harus diunlocked menjadi general covarege dulu, lihat caranya dibawah)
  • Power Output = Karena saya beli second hand, maka tidak lagi default. Punyaku di band rendah 80M bisa sampai hampir 200W (power supply saya Maldol 30A lokal sampai ngerik), di band tengah 11.415MHz (frekuensi RAPI) mampu keluar sampai 160W, sementara di band tinggi 27MHz (frekuensi RAPI) mampu keluar 120W, namun bila ALC-nya bekerja maka akan turun menjadi sekitar 50-80W saja. Secara umum OK Man …
  • Dial Tuning = Bisa diset pada jangkah 1 MHz sampai dengan 1 KHz, jadi kita dengan mudah dan cepat pindah band (tergantung kebiasaan).
  • Scanner = Payah, hanya bisa diakses via tombol scan yang ada di Microphone Handheld-nya, lambat lagi … hehehe
  • Kepekaan Receiver = Cukup bagus

Kesimpulannya, radio ini cukup memadai dan dapat memenuhi kebutuhan amatir pemula seperti saya, apalagi harganya sangat murah pada kelas radio All-Bander, yaitu hanya Rp. 2,5 Juta saja (tergantung kondisi) di Pasar Cikapundung Bandung.

Modifikasi FT-80C dari Komersial Menjadi Amateur (General Coverage)

Bagi pemilik FT-80C trick dibawah sangat penting diketahui, bahkan rekan yang punya bengkel radio juga perlu mengetahui trick ini, siapa tahu ada konsumen yang pengen membuat FT-80C-nya menjadi general coverage.

  1. Nyalakan radio dalam posisi menerima
  2. Putar dial sampai anda mendapatkan display 12.345.6 MHz
  3. Matikan radio
  4. Hidupkan lagi radio, maka akan didapati tulisan GEN artinya general coverage
  5. Selamat anda telah memiliki radio All Band penuh … hehehe

Oh yaa, bagi pemilik FT-80C saya peringatkan untuk berhati-hati dengan sebuah saklar yang bisa diakses melalui lubang kecil dibawah front panel (panel depan), bila anda melakukan perubahan posisi switch ini, maka saya jamin pesawat anda akan kembali ke default pabrik dan seluruh memori yang telah anda simpan akan hilang ………… hihihihihihihi

So that, selamat mencoba …

About these ads