Homebrew BITX-80

Homebrew BITX-80

Mungkin anda akan bertanya apakah BITX-80 itu? BITX-80 adalah singkatan Bidirectional Transceiver for 80 Metre Band. Radio ini tergolong open source karena dikembangkan dan dikomentari oleh berbagai homebrewer yang ada di dunia amatir.

BITX awalnya dikembangkan oleh seorang amatir India dengan nama Ashhar Farhan (VU2ESE), yang tujuannya adalah memberikan solusi kepada para amatir India yang rata-rata memiliki tingkat sosial rendah, untuk memiliki sendiri Rig HF yang dibuat dari material sederhana, namun memiliki performansi setara dengan Rig-rig komersial. Untuk lebih jelasnya silakan anda berkunjung di website-nya http://www.phonestack.com/farhan/

Secara umum radio ini tidak berbeda dengan radio yang lain, namun ia menggunakan 2 arah filter baik untuk receive maupun transmit, sehingga menjadi kompak dan murah. Selain itu, konfigurasi radio ini tidak banyak menggunakan lilitan atau trafo yang biasanya kita jumpai pada radio kebanyakan, sehingga tidak membutuhkan keahlian yang tinggi baik dalam pembuatan maupun alignment-nya. Dari latar belakang diatas, saya menjadi penasaran untuk menjajalnya, namun saya modifikasi untuk band 80 Meter.

Untuk melakukan modifikasi ke band 80 meter, ada 2 hal utama yang dilakukan, yaitu:

  • Mengganti VCO menjadi osilasi pada frekuensi 10-3.8 = 6.2 MHz. Angka 10 muncul karena saya menggunakan x’tal filter dengan passband di 10MHz, dengan alasan, x’tal dengan frekuensi 10MHz mudah didapatkan dan harganya cuma Rp. 2000,- per buah.
  • Band pass filter diubah menjadi osilasi pada frekuensi 80 Meter Band.

Untuk mendapatkan power yang cukup pada saat transmit, maka dibutuhkan rangkaian tambahan berupa HF Linear Power Amplifier, yang bisa dibuat baik dari MOSFET IRF510 atau transistor semisal 2SC1969, yang dirangkai dalam konfigurasi Push-Pull. Rangkaian exciter BITX-80 ini memiliki daya keluaran hanya 50mV.

Secara garis besar performansi BITX-80 ini dapat saya gambarkan sebagai berikut (saya memiliki rekaman movie, namun cukup besar untuk disimpan dalam blog ini):

  • Kepekaan : Cukup Bagus, hampir sejajar dengan FT-80C
  • Pengoperasian : Mudah … wong buatan sendiri … hehehehe
  • Tampilan : Ya pasti jelek, wong bukan buatan pabrik
  • Pembuatan : Mudah
  • Mutu Suara : Dung-Dung, jadi bagus Man

Rangkaian dari BITX-80 ini dapat anda ambil di website Farhan, dengan melakukan sedikit modifikasi yang telah saya sebutkan diatas. Ingin mencoba … ?