Bifiller Coil

Bifiller Coil

Dalam BITX coil ini dibutuhkan kehadirannya, yaitu pada Single Balanced Modulator (SBM) dan Double Balanced Modulator (DBM). Modulator dengan menggunakan Trifiller dan Jembatan Diode merupakan rangkaian paling sederhana dan dasar pada jenis modulator. Namun dengan sedikit ketelitian dan kejelian dalam pemilihan komponen, maka rangkaian ini memberikan hasil yang cukup memuaskan.

Dipasaran banyak dijumpai DBM dengan ring diode ini dijual dalam bentuk jadi, biasanya mirip dengan kristal, yaitu kotak dari logam dengan beberapa kaki dibawahnya. Saya pernah menemukan di Pasar Cikapundung dengan merk NEC, dilepas perbiji seharga Rp. 30.000,- cukup mahal buat saya, terutama bila kita bandingkan dengan DBM homebrew ini. Berikut perkiraan Harganya.

  • 1 buah ferit hidung babi (dengan 2 lubang kayak hidung babi) – Rp. 1.000,-
  • 3 atau 2 utas email diameter sebarang (saya pakai 0.3mm), masing-masing sepanjang 30 cm – Rp. 1.000,-
  • 4 buah Diode – Rp. 400,-
  • Lem Secukupnya (saya menggunakan hot glue untuk keperluan ini) – anggap aja gratis ya
  • Knowledge yang dipelajari dari membuat coil – Priceless🙂

Jadi biaya keseluruhan tidak sampai seharga Rp.5.000,- dan waktu pembuatannya juga tidak lebih dari 5 menit. Nah, silakan anda yang menentukan …

Trifiller Coil

Trifiller Coil

Trifiller Coil maksudnya adalah coil dengan 3 buah kawat email yang dipilin (twisted), sementara bifiller menggunakan 2 kawat email yang dipilin (twisted). Jadi pada dasarnya anda dapat membuat berapapun jumlah kawat email yang diperlukan. Biasanya hal yang menjadi variable dalam bifiller, trifiller dan seterusnya adalah jumlah lilitan, sementara besarnya kawat yang dipakai biasanya menyesuaikan besar lubang ferit yang digunakan.

Saya pertama kali merasa keder ketika melihat rangkaian BITX dan melihat adanya trifiller dan bifiller. Pertama saya mengira sangat rumit dan butuh keahlian tinggi dalam pembuatannya, namun setelah merasakan membuat sendiri, dari rangkaian modulator yang saya kenal baik menggunakan IC maupun transistor, rangkaian modulator ini yang paling sederhana dan mudah dibuat, tidak perlu dilakukan tuning yang melelahkan.

Jadi, kesimpulannya, mari dicoba … have a nice experiment …🙂