My QTH Location

My QTH Location

Alhamdullilah setelah 1.5 tahun kepindahan kami dari Surabaya dan selama itu tinggal di QTH kontrakan, maka pada tahun baru Hijriyah yang lalu kami hijrah dan memulai lembaran di QTH kami yang baru, yang hanya berjarak 4 km dari QTH sebelumnya, dimana keduanya masih memiliki grid location pada OI33TA, tetap di Bandung Selatan.

Kepindahan QTH buat kami bukanlah sesuatu hal yang baru, sampai dengan detik ini, kami telah mengalami 4x pindahan, maklum sebagai buruh, pindahan adalah hal yang wajar. Demikian juga 01 dan moniks juga telah terbiasa dengan hal tersebut. Kali ini strategi yang kami pilih untuk pindahan yaitu dengan cara mencicil, yaitu kami angkut dengan gerobak kami sendiri secara parsial, untuk barang yang besar ukurannya, kami cukup meminjam kendaraan bak terbuka untuk mengangkutnya.

Ada beberapa hal positif yang dapat saya rasakan terkait dengan hobby amatir radio, diantaranya adalah:

  • Lebih mudah untuk mendirikan antenna di halaman belakang, sebab relatif terbuka dengan luas lahan yang sedikit lebih luas dari sebelumnya. Namun walaupun demikian, untuk antenna 80M full size masih tetap tidak memungkinkan, yah paling-paling dipole yang dibonsai.
  • Obstacle atau halangan, QTH baru memang benar-benar MEWAH atau Mepet Sawah, dimana tepat dibelakang QTH relatif lebih kosong bangunan, jadi obstacle lebih sedikit atau lebih bagus, terutama untuk komunikasi lokal Bandung dan sekitarnya.
  • QTH berada disekitar 5 perumahan eksisting, sehingga tetangga Amatir Radio cukup banyak. Sebagai gambaran, baru 3 hari tinggal, langsung mendapatkan kesempatan untuk copy darat dengan salah satu operator dan keluarganya, yang QTH-nya hanya berjarak 100 meter dari kami.
  • Karena lantai 2 kami masih belum jadi (keterbatasan budget saat ini)🙂, maka kami lebih mudah melakukan eksperiment antenna yang fisiknya cukup besar, misal Qubical Beam, Yagi, atau lainnya. Namun, karena kesibukan belum sempat dilakukan sampai saat ini.
  • Terakhir, udara lebih segar, dan ruangan kerja saya menghadap ke tangkuban perahu … amazing !
Packeging My Stuffs

Packeging My Stuffs

Namun dari semuanya, yang paling penting adalah, mudahan-mudahan berkah Alloh SWT makin banyak dilimpahkan kepada keluarga kami, dijauhkan dari segala hal negatif dan memberikan pengaruh positif bagi para monik kami, yang akan memberikan warna pada pribadi mereka untuk bekal kehidupannya di kemudian hari, amin.

Berikut saya sharing, pengepakan beberapa material hobby saya ke QTH yang baru.

Have a nice day.