FT-80C

FT-80C

Bagi rekan homebrewer yang ingin  membuat sebuah RF Linear Power Amplifier (LPA), berikut saya capture layout komponen RF Linear Power Amplifier (LPA) buatan pabrik Yaesu FT-80C dan FT-180A. Harapan saya dengan melihat layout ini, dapat memberikan inspirasi bagi kita “homebrewer” untuk menempatkan komponen serta memilih komponen bila kita akan membuat sebuah HF LPA. Kenapa saya mencantumkan kata “HF” di depan LPA, sebab layout komponen di band “VHF”, “UHF”, “SHF”, dst akan berubah, sesuai dengan karakteristik dari band frekuensi. Biasanya, makin rendah frekuensi, maka layout komponen dan konstruksinya makin tidak kritis, sehingga penempatan komponen yang ugly “jelek” tidak banyak mempengaruhi kinerja keseluruhan dari LPA dimaksud, sebaliknya untuk frekuensi makin tinggi.

Bila kita cermati dari kedua LPA tersebut, maka kita lihat konstruksi dimounting pada PCB double layer untuk mempertinggi densitas komponen pada space yang terbatas, selain itu konstruksi di RF (Radio Frekuensi) sebaiknya menggunakan koneksi sependek mungkin untuk menghindari terjadinya osilasi liar sehingga mempengaruhi kinerja keseluruhan RF LPA.

Hal kedua, rangkaian RF LPA tersebut dibungkus secara rapat dengan menggunakan box logam yang digrounded untuk mengurangi interferensi baik dari luar ke dalam atau sebaliknya, sehingga diperoleh output yang benar-benar bersih.

FT-180A

FT-180A

Hal ketiga, untuk menghindari disipasi panas yang belebihan pada transistor baik Pre Diver, Driver maupun Final, maka ditambahkan heatsink dengan ukuran besar dan exhaust fan (kipas pendingin) yang dioperasikan secara otomatis berdasarkan temperature di RF LPA.

Hal keempat, kita lihat trafo untuk coupling setiap stage dan penyesuai impedansi memiliki ukuran makin besar untuk stage dengan power yang makin tinggi, demikian juga diameter kawat email disetiap trafo.

Hal kelima, terdapat variable resistor untuk melakukan adjuster terhadap arus basis tenang (arus basis tanpa modulasi) di transistor final. Selain itu sebuah Relay dengan kemampuan arus besar ditambahkan sebagai control pengaktifan RF LPA.

Demikian dulu yach, semoga menambah wawasan kita.