Artwork

Artwork

Beberapa Rekan baik AR maupun penggemar homebrew elektronika banyak yang menanyakan cara membuat sendiri PCB. Daripada saya mereplay satu persatu request mereka, maka saya putuskan untuk menuliskannya disini, sehingga bisa dibuka oleh Rekans yang membutuhkan kapan saja.

Setelah saya buka-buka file foto saya, saya menemukan beberapa proses pembuatan PCB BITX-27 di akhir tahun 2008 yang lalu. Peralatan yang perlu disiapkan dalam pembuatan PCB adalah: PCB polos (double layer atau single layer), Artwork PCB, Kertas Peel & Presss (atau kertas bekas kalender yang glossy, dapat juga menggunakan kertas foto glossy namun yang khusus untuk Laser Jet), Marker Permanent dengan ukuran kepala besar dan kecil (warna apa saja boleh), Larutan pelebur tembaga (ferycloride – mungkin ejaannya salah please CMIIW), wadah plastik untuk proses etching, Kertas amplas halus, Bor DC khusus PCB, Setrika Listrik, Printer Laser Jet atau Photo Copy, Air dan Deterjen, dan terakhir bila perlu vernier (cat pelapis kayu warna bening). Kelihatannya banyak sekali tool yang harus disiapkan, namun saya yakin mayoritas dari daftar tersebut telah tersedia dirumah kita. Kalau tool seperti bor PCB dan Printer/Photo Copy yaa minjam saja, mungkin di kantor ada … hehehe. Berikut langkah-langkah pembuatan PCB:

Tools

Tools

1. Print atau Photo copy-kan Artwork PCB ke kertas khusus membuat PCB (Peel & Press) atau Kertas Foto Glossy atau Kertas bekas kalender yang glossy, pastikan kertas tersebut memang untuk Laser Jet (toner) bukan untuk Bubble Jet (tinta), sebab kalau tidak, maka tidak akan bisa ditransfer ke PCB nantinya. Jangan lupa untuk membalik gambar Artwork PCB saat diprint ke kertas, sehingga nanti jadinya sesuai dengan sisi jalur dimana dicetak di PCB.

2. Siapkan PCB kosong polos, bersihkan permukaanya dengan kertas ampelas halus untuk menghilangkan debu dan minyak yang mungkin menempel. Letakkan hasil print Artwork PCB dengan gambar menempel ke PCB. Siapkan seterika listrik pada posisi panas maksimum, untuk menghindari kertas Artwork PCB gosong karena kepanasan, beri satu lapisan kertas diatasnya, dan selanjutnya lalukan penyeterikaan, namun jangan digosok-gosok, khawatir kertasnya bergeser, cukup tekan-tekan saja, pastikan kertas Artwork PCB menempel seluruh permukaannya di PCB. Bila telah selesai, dinginkan PCB dengan diangin-anginkan.

Ready PCB

Ready PCB

3. Siapkan air dicampur dengan deterjen, rendam PCB yang masih ada kertas Artwork-nya, sampai kertasnya mengelupas. Bersihkan sisa-sisa kertas yang ada, namun jangan digosok dengan sikat, khawatir kalau gambar layout PCB ikutan rontok.

4. Periksa kesempurnaan layout pada PCB, bila ada jalur yang terputus atau tidak tertutup dengan sempurna, perbaiki dengan marker permanent yang tahan air sesuai dengan luas jalur yang akan disempurnakan. Pastikan semua jalur PCB telah tertutup sempurna, anda juga bisa menambahkan coretan seperti nama atau call-sign anda disitu.

5. Siapkan wadah plastik (jangan logam, nanti bisa korosi) dan campur air panas dengan butiran ferycloride secukupnya, makin kental campurannya maka proses ini (etching) makin cepat selesai. Lalu rendam PCB tadi, jangan ada permukaan yang tidak terendam, biarkan beberapa menit atau jam, untuk mempercepat proses etching bisa dilakukan dengan menggoyang-goyang wadah tersebut, pastikan lapisan tembaga yang tidak tertutupi layout PCB benar-benar telah bersih/habis. Bila anda menggunakan double layer, sementara satu layer dipakai untuk clading negatif/ground, anda bisa menutupnya dengan sticker tahan air pada saat ething.

6. Bersihkan PCB dengan air bersih dan detergen, lalu keringkan. Untuk membersihkan lapisan layout PCB dari kertas Artwork, gunakan kertas amplas halus sampai bersih.

7. Sekarang PCB siap untuk dibor pada lubang-lubang kaki komponen dengan bor khusus PCB, bila beli di pasar elektronik seharga Rp.50.000,-

8. Nah sekarang PCB telah siap digunakan, bila anda berniat menyimpannya dalam waktu lama, maka jalur-jalur PCB bisa dilapisi dengan Cat Vernier supaya tetap terjaga “kinclongnya”.

Teknik diatas cocok hanya untuk pembuatan PCB secara retail saja, bila berniat membuat PCB dalam jumlah banyak, Artwork PCB bisa ditransfer ke screen sablon, selanjutnya bisa kita transfer ke PCB dengan cara persis membuat kaos sablon. Sementara cara/teknis etching relatif sama dengan diatas.

Untuk membuat sendiri Artwork PCB, anda bisa menggunakan software gratisan yang tersedia di NET seperti TinyTrack, Eagle, dan sebagainya. Penulis menggunakan Eagle untuk membuat PCB.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat bereksperiment.

Regards

YD1CHS