My FT-80C

My FT-80C

Beberapa Rekans AR pernah contact ke saya menanyakan bagaimana caranya membuat FT-80C menjadi general coverage. Walaupun trik ini sangat sederhana, dan mungkin sudah banyak Rekan AR yang mengetahuinya, namun saya rasa tidak percuma saya tuliskan di blog ini, untuk membantu sebagian Rekan AR lain yang belum mengetahuinya.

Seperti diketahui, Yaesu FT-80C didesain untuk keperluan komunikasi radio commersial, sehingga pada kondisi default-nya ia mampu menerima seluruh band HF (1.8 s/d 30 MHz), namun untuk transmit dibatasi beberapa band saja, sehingga kita tidak dapat menggunakannya pada seluruh band HF yang tersedia.

Tidak perlu panjang lebar, berikut adalah cara untuk meng-unlocked FT-80C sehingga menjadi General Coverage:

1. Pertama periksa apakah pada layar terdapat tulisan GEN yang artinya General Coverage, bila tidak ada berarti radio dalam kondisi locked. Tune frekuensi sehingga mendapatkan lokasi kerja di 12.3456 MHz (lihat gambar).

2. Kedua, matikan radio.

3. Ketiga, nyalakan kembali radio, maka pada layar akan muncul tulisan GEN.

Urutan gambar berikut mengilustrasikan langkah-langkah diatas, OK … have a nice day.

Locked FT-80C

Locked FT-80C

Off FT-80C

Off FT-80C

Unlocked FT-80C

Unlocked FT-80C

Selanjutnya bagaimana caranya membuat FT-80C dari kondisi Unlocked menjadi kondisi Locked (kembali ke kondisi standar pabrik), namun ingat setting ini akan menghapus seluruh memory yang telah anda simpan sebelumnya. Namun bila penasaran anda dapat melakukannya, jangan khawatir saya sering melakukannya pada FT-80C, 100% aman, kecuali ya itu tadi memeory hilang, kalau nggak punya simpanan memory … no problem.

To Locked

To Locked

Lihat sisi bawah FT-80C, disitu akan terlihat sebuah lobang kecil, isinya sebuah saklar, fungsinya mirim saklar reset BIOS di motherboard sebuah PC. kondisi Unlocked bisa diubah Locked dengan hanya memindah posisi saklar ke kanan, lalu kembalikan kembali ke kiri (posisi semula). Lakukan pemindahan saklar tersebut pada saat FT-80C OFF. Hasilnya, coba anda perhatikan pada layar monitor, tulisa “GEN” tidak terlihat. OK selamat mencoba …

Regards – YD1CHS