TS430S

TS430S

Sama seperti Yaesu FT-80C, rupanya Kenwood TS430S dalam kondisi default (locked) tidak dapat digunakan untuk transmit dibeberapa frekuensi WRC, termasuk pembatasan power output pada band-band tertentu. Walaupun tidak akan digunakan untuk transmit pada semua band, namun rasanya ada yang kurang bila radio kita tidak general coverage. Bahkan, rekan RAPI dengan TS430S default tidak dapat menggunakannya pada band CB (Citizen Band) frekuensi 26-27MHz dan 11.415MHz.

Bila dicermati dari manual book TS430S cara mengunlock band WRC ini sudah dipaparkan dengan jelas, namun ada 2 kekurangan yang dirasakan:

1. Frekuensi yang terbuka hanya WRC saja, sementara radio belum general coverage.

2. Dilakukan dengan cara memotong atau melepas beberapa kaki diode, waduh yang ini sih jangan yaaa, nggak orisinil lagi donk … hehehe.

Connector 10Ada satu cara yang sangat sederhana, dan dengan cara ini kita dapat mengembalikan radio ke default pabrik tanpa melukai komponen radio TS430S, lihat gambar dan stepping berikut:

Untuk Membuat General Coverage :

1. Buka tutup cover bagian bawah, disitu ada board RF-Unit, cari konektor dengan nomor 10.

2. Pada kondisi radio OFF, lepas konektor nomor 10 tersebut.

3. Switch-ON radio, nah sekarang TS430S sudah general coverage.

Untuk mengembalikan ke Default Pabrik :

1. Buka tutup cover bagian bawah, disitu ada board RF-Unit, cari konektor dengan nomor 10.

2. Pada kondisi radio OFF, pasang kembali konektor nomor 10 tersebut.

3. Switch-ON radio, nah sekarang TS430S sudah kembali ke default pabrik.

Nah gampang sekali kan, tidak merusak pesawat sama sekali. Prosedur diatas dan hubungannya dengan konektor nomor 10 bisa dijelaskan sebagai berikut, konektro nomor 10 tersebut masing-masing pin-nya memiliki level tegangan tertentu yang memberikan tegangan masukan ke beberapa diode (yang pada manual book diode tersebut harus dipotong), dimana kode-kode tersebut akan mempengaruhi band mana saja yang akan dilock dan pada band mana saja power diijinkan maksimum. Dengan mencabut konektor tersebut, maka tidak ada tegangan dan arus ke diode, sehingga kondisi ini diartikan oleh radio sebagai “MAKE ME AS GENERAL COVERAGE RADIO” …

OK have a nice day …

Regards

Cholis Safrudin – YD1CHS