74dB LM386Mungkin anda merasa penguat AF LM386 yang dipakai dalam konfigurasi standar BITX belum memadai volumenya untuk memenuhi ruangan stasiun anda. Jangan khawatir ada trik kecil yang bisa dilakukan tanpa harus memodifikasi rangkaian standar secara fundamental.

Dalam data sheet LM386 sebenarnya telah dijelaskan bagaimana melakukan pengaturan ini, namun saya mengadopsi tulisan dari JF10ZL – seorang AR dari Jepang – di dalam websitenya http://www.intio.or.jp/jf10zl/

Modifikasi sederhana ini akan secara signifikan menaikkan gain LM386 yang biasanya dalam konfigurasi standar memiliki gain sekitar 40dB menjadi sampai dengan 74dB, tergantung dengan kondisi penerimaan BITX anda, apakah telah terjadi distorsi dan feedback atau belum, sesuai dengan selera anda.

Karena sederhananya modifikasi ini, maka saya tidak perlu mengulasnya terlalu mendalam, anda cukup melihat gambar yang saya sertakan dalam tulisan ini, yaitu dengan menurunkan harga resistor feedback (Rf) sesuai dengan tabel dalam gambar. Lebih mudahnya, mungkin anda dapat menggantikan Rf ini dengan sebuah trimpot dengan nilai sebesar 1K yang diseri dengan sebuah resistor seharga sekitar 3 Ohm. Dengan demikian anda dengan mudah melakukan adjustment sesuai dengan selera.

Di jalur keluaran menuju speaker, anda dapat melihat kehadiran komponen Ct, nilai komponen Ct ini dapat dirubah untuk membuat response frekuensi penguat LM386 ini terkesan Bass atau Treable, untuk membuatkan lebih treable anda dapat mengurangi nilai Ct misalnya menjadi 47nF atau nilai yang lain.

IC LM386 merupakan IC penguat AF buatan negeri matahari terbit yang mungkin paling dikenal dan mudah ditemukan di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Ukurannya yang kompak dan membutuhkan komponen eksternal yang minimum membuatnya menjadi sangat populer. Komponen eksternal dalam gambar di atas tidak terlalu kritis, sehingga anda dapat menggunakan nilai-nilai lain yang mendekati, atau tetap menggunakan nilai eksisting yang dipakai di BITX standar, tinggal mengganti konfigurasi dan nilai Rf saja untuk mendapatkan gain maksimum.

Well … selamat mencoba.