Step-1

This sharing was written in Bahasa Indonesia, for English Readers please download its English version here: English Version

Salah satu andalan saya dalam mendesain PCB adalah dengan menggunakan software gratis EAGLE (Easily Applicable Graphical Layout Editor) yang bisa didownload pada http://www.cadsoft.de/ karena software ini mudah digunakan dengan hasil yang cukup memenuhi ekspektasi saya.

Namun suatu ketika kita mungkin akan menemukan sedikit kesulitan karena library bawaan EAGLE tidak ada yang cocok sesuai dengan jenis komponen spesifik yang akan kita gunakan dalam rangkaian, misalkan single gang variable capasitor, atau biasa kita sebut varco plastik satu band, jaman dahulu biasa digunakan untuk tuning bagi penerima broadcasting MW. Namun, jangan khawatir, EAGLE memberikan kebebasan bagi kita untuk membuat library sendiri sesuai dengan bentuk fisik yang dimiliki oleh komponen kita. Tulisan ini akan memandu anda dalam membuat library sendiri secara sederhana.

1. Ukuran Fisik Komponen

 

Step-2

 

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bentuk dan ukuran fisik komponen, untuk digunakan dalam mendigitalisasi bentuk package komponen kita ke dalam library EAGLE. Seperti yang saya sebutkan diatas, saya menggunakan sebuah varco plastik single gang untuk contoh disini, dimana ia memiliki bentuk persegi empat dengan masing-masing lebar bidang 1 inch (sekitar 2.54 cm). Terdapat 3 kaki, kaki tengah adalah kaki bersama (biasanya tersambung ke ground), 2 kaki yang lain berada disisi kiri dan kanan. Tepat ditengah-tengah kotak plastik terdapat rotator untuk memutar bilah-bilah varco (tunning), sementara kiri kanannya terdapat sebuah lubang untuk mounting baut kecil. OK, sampai disini saya telah memiliki semua informasi fisik komponen tersebut.

2. Membuat Library Baru pada EAGLE

Buka software EAGLE, kemudian buat library baru dengan mengaktifkan perintah FILE > NEW > LIBRARY, untuk memberikan nama kepada library baru kita lakukan penyimpanan melalui perintah FILE > SAVE AS lalu berikan nama sesuai keinginan kita. Disini saya menggunakan nama “library_ku”.

3. Membuat Package Baru

 

Step-3

 

Pada window yang sama click icon berbentuk sebuah IC “Package”, sebuah window baru akan terbuka, dengan menggunakan tool gambar minimum “Draw Line” dan “Pad” untuk membuat bentuk fisik komponen varco lengkap dengan ukuran fisik dan posisi kaki-kaki yang sebenarnya.

Pertama berikan nama bagi Package baru kita, disini saya menggunakan nama VARCO_PACKET (sorry untuk penulisan nama saya tidak menggunakan istilah yang benar yaitu PACKAGE).

Dalam membuat kaki-kaki varco dengan menggunakan tool “Pad” perlu anda perhatikan urutan nomor masing-masing kaki, karena posisi ini nantinya akan dihubungkan dengan simbol yang akan dibuat kemudian. Saya mengambil contoh kaki paling kiri adalah pin-1, kaki tengah adalah pin-2 dan pin-3 adalah kaki paling kiri.

4. Membuat Simbol Baru

 

Step-4

 

Pada window yang sama juga, click icon berbentuk sebuah gerbang AND “Symbol”. Pertama sama dengan langkah sebelumnya, berikan nama bagi simbol baru yang sedang kita buat, disini saya menggunakan nama VARCO_SYM. Langkah selanjutnya buatlah simbol bagi komponen kita, simbol ini nantinya digunakan saat membuat skema. Biasanya Varco disimbolkan dengan dua buah variable capacitor yang salah satu ujungnya bergabung menjadi satu, sayapun menggunakan penggambaran seperti itu.

Nah persis dengan saat membuat package diatas, disinipun kita harus hati-hati dalam menentukan posisi masing-masing kaki komponen. Kaki paling kiri saya set sebagai pin-1, kaki tengah sebagai pin-2 dan pin-3 adalah kaki yang tersisa. Terakhir kita simpan.

5. Menggabungkan Package dan Simbol menjadi Device

Langkah terakhir dalam membuat library sendiri adalah menggabungkan Package dan Simbol yang telah kita buat sebelumnya menjadi satu kesatuan sehingga EAGLE dapat menerjemahkan simbol dalam skema ke bentuk fisik ke dalam PCB.

Langkah pertama click icon berbentuk 4 buah gerbang AND “Device”, lalu berikan nama untuk device ini, disini saya memberikan nama VARCO_DEV. Sebuah window dengan 3 buah sub-window akan muncul dalam keadaan kosong semuanya.

Langkah selanjutnya adalah click tombol NEW, maka sebuah window akan muncul dan list package yang telah dibuat didalam library kita akan ditampilkan, disini akan terlihat sebuah package dengan nama VARCO_PACKET, pilih package tersebut. Nah, sekarang pada sub-window kanan atas dan bawah telah terisi gambar package yang baru saja kita masukkan.

Kemudian untuk mengisikan simbol pada sub-window kiri, lalukan click pada icon berbentuk gerbang AND “Add”, seketika itu akan muncul window yang berisikan listing simbol-simbol yang telah dibuat didalam library kita, disini akan terlihat VARCO_SYM, pilih dan tekan tombol OK. Pada sub-window sebelah kiri telah terupload simbol yang akan kita buat.

Langkah terakhir yaitu menghubungkan masing-masing kaki komponen antara simbol dengan package, click tombol CONNECT, sebuah window akan muncul dengan memperlihatkan 3 buah sub-window di dalamnya. Sub-window paling kiri menunjukkan posisi kaki pada simbol, sub-window tengah memperlihatkan posisi kaki fisik pada package dan sub-window paling kanan memperlihatkan hubungan keduanya, saat ini masih kosong, kita harus mengisinya.

Masih ingat urutan kaki-kaki saat membuat package dan simbol? Sengaja dicontoh ini saya membuat urutan/posisi yang sama antara package dan simbol, kaki paling kiri adalah pin-1, kaki tengah adalah pin-2 dan kaki paling kanan adalah pin-3. Dengan demikian kita hubungkan ketiga kaki tersebut sebagai berikut:

– Kaki kiri Varco –> Pin: G$1.P$1 dihubungkan dengan Pad: P$1

– Kaki tengah Varco –>Pin: G$2.P$2 dihubungkan dengan Pad: P$2

– Kaki kanan Varco –>Pin: G$3.P$3 dihubungkan dengan Pad: P$3

Hubungkan ketiganya dengan menekan tombol “CONNECT” atau meng-double click masing-masing informasi kaki di sub-window. Sebaliknya untuk melepaskan hubungan, anda bisa menggunakan tombol “DISCONNECT”.

Setelah semuanya terhubung dengan benar, simpanlah hubungan tersebut. Sampai disini proses pembuatan library sendiri di software EAGLE telah selesai. Selanjutnya kita akan mencoba menggunakannya kita untuk membuat rangkaian dan PCB.

Untuk mencobanya, silakan anda membuat sebuah skema baru caranya dengan menjalankan perintah FILE > NEW > SCHEMATIC, sebuah window editing akan muncul, namun saat ini libary kita belum diload oleh software. Untuk meload dan menggunakannya, lakukan penambahan pada listing library dengan menjalankan perintah LIBRARY > USE > cari library yang barusan dibuat “library_ku.lbr” lalu click tombol “OPEN”. Selanjutnya anda tidak perlu lagi melakukan perintah diatas, karena library akan secara otomatis diload saat EAGLE dijalankan.

Tambahkan komponen VARCO yang baru saja dibuat dengan meng-click icon berbentuk gerbang AND “Add”, cari library yang baru diload, atau langsung cari dengan menggunakan fasilitas pencarian dengan keyword VARCO_DEV, sebuah gambar komponen lengkap dengan informasi bentuk fisik sebuah varco akan muncul, tambahkan ke skema kita.

Untuk melihat bagaimana bentuknya saat dicetak di PCB, lakukan pembuatan PCB dengan menekan icon bergambar gerbang AND dan IC “Board”, beberapa saat kemudian sebuah window PCB akan muncul, dan kita bisa lihat bagaimana bentuk fisik di dalam EAGLE.

OK, demikian sharing kali ini … have a nice day.

Best Regards,

Cholis Safrudin YD1CHS