T and PHI Pad

T and PHI Pad

The sharing is delivered by bahasa Indonesia, for the foreign readers please download the English version here: English Version

Suatu ketika kita akan membutuhkan sebuah rangkaian peredam (attenutor pad) yang dapat digunakan untuk sinyal RF dan sesuai dengan impedansi saluran transmisi kita (biasanya 50 Ohm), sehingga matching impedansi tetap terjaga dengan baik. Rangkaian peredam ini sangat sederhana dan terbuat dari beberapa resistor dengan nilai tertentu sehingga didapatkan efek peredaman, sementara tetap menjaga impedansi input dan outputnya di nilai tertentu. Komponen resistor digunakan karena boleh dikatakan dia adalah jenis komponen pasif yang sifatnya tidak tergantung terhadap frekuensi, dengan demikian sifat peredamannya serta impedansinya dapat bebas terhadap perubahan frekuensi. Mari kita ambil contoh, sebuah sinyal generator RF yang baik adalah memiliki impedansi output yang tetap, misalkan 50 Ohm, sehingga akan memberikan matching optimum bagi bagian sesudahnya. Selain contoh tersebut, masih banyak lagi aplikasi yang membutuhkan rangkaian sederhana ini.

Excel Snapshot

Excel Snapshot

Di dalam kesempatan ini saya akan menampilkan dua macam rangkaian resistor attenuator pad yang menurut saya paling sering dipergunakan karena kesederhanaannya. Keduanya terbentuk dari tiga buah resistor yang berbentuk “T” dan “PHI”, terkonfigurasi secara unbalanced dengan impedansi input Ri dan impedansi input Ro. Karena biasanya Ri = Ro = 50 Ohm, maka saya mengasumsikan dengan hal tersebut. Rangkaian resistor attenuator pad dengan bentuk “T” dan “PHI” memiliki formula yang hampir sama, untuk itu keduanya sengaja diangkat disini.

Untuk mendapatkan nilai-nilai resistor yang aneh-aneh pada perhitungan rangkaian ini, maka kita bisa mengkombinasikan beberapa resistor baik seri maupun paralel sehingga diperoleh harga resultan yang mendekati. Perlu diperhatikan, terutama untuk digunakan pada RF, sebaiknya menggunakan resistor yang tidak terbuat dari kumparan, karena pada frekuensi tinggi akan memberikan sifat inductor, sehingga merubah nilai resistor dan juga response terhadap frekuensi.

Att Vs Values

Att Vs Values

Untuk memudahkan penggunaan rumus-rumus rangkaian resistor attenuation pad ini, saya membuat sebuah file excel yang telah dilengkapi dengan formula tersebut, dimana saya mengasumsikan Ro = Ri dengan nilai yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan kita, namun biasanya adalah 50 Ohm. Satu lagi masukan bagi formula ini adalah Power Attenuation (dB). Hubungan antara voltage attenuation dan power attenuation adalah sebagai berikut:

N = Vi / Vo, N adalah voltage attenuation atau pengurangan tegangan

N (dB) = Pi / Po = 20*Log N

Saya coba untuk menampilkan sebuah tabel berisi beberapa nilai R1, R2, R3 dan R4 untuk Ro = 50 Ohm dan beberapa kemungkinan nilai Power Attenuation (dB).

Downloadable Excel Formula

Karena saya tidak bisa mengupload file excel dalam blog ini, maka extention file saya tambahkan *.pdf, untuk setelah selesai mendownload file ini, anda cukup menghilangkan extention *.pdf tersebut.

Since I was prohibitted to upload an excel file into the blog, I added an additional extension *.pdf behind the real file’s name. In order to use this file, after download it, you have to remove the *.pdf extension.

YD1CHS – Resistor Pad Calculator.xls