Proteus

Sejauh yang saya pernah pelajari dan tahu, salah satu simulator untuk rangkaian elektronik yang cukup terkenal adalah PSPICE (Personal Simulation Program with Integrated Circuit Emphasis), mengingatkan kepada sebuah text book wajib kuliah jurusan elektro … yaitu BECA kalau nggak salah singkatan Basic Electronics Circuit Analisys (CMIIW) karena di dalamnya juga ditampilkan berbagai simulasi dengan menggunakan PSPICE. 15 Tahun yang lalu ketika saya masih di STTTelkom, software tersebut masih sangat terbatas jenisnya dan sulit mendapatkannya, terlebih karena Internet saat itu masih merupakan barang mewah dan mahal.

Sekarang puluhan macam software dengan fungsi yang mirip dengan PSPICE telah berjamur dan bertebaran di Internet. Bahkan beberapa diantarannya disediakan versi demo namun sangat lengkap. Salah satu diantara jajaran software simulator tersebut adalah Proteus. Hingga hari ini ada beberapa program simulasi yang pernah saya pakai – untuk keperluan hobby saja, seperti Circuit Maker dan ORCAD Cadence, namun Proteus sejauh ini saya rasakan sangat berbeda, karena ia mampu melakukan simulasi rangkaian berbasis embedded system, misalnya mikrokontroler persis seperti kondisi riil. Dengan software ini, kita seperti memiliki laboratorium virtual yang sangat lengkap dengan koleksi jenis komponen yang sangat banyak … luar biasa.

Tulisan saya terlampir, hanya menyinggung prosedur utama yang biasanya paling sering digunakan bagi hobby saja, tidak untuk profesional. Ditulis sesingkat-singkatnya disertai beberapa capture gambar untuk memudahkan pemahaman.

Semoga bermanfaat … de yd1chs.

Silakan didownload disini: