My Cheap RF Dummy Load

My Cheap RF Dummy Load

Salah satu peralatan standar amatir radio dan RF homebrewer adalah “RF Dummy Load”. RF Dummy Load adalah sebuah resistor murni dengan besar impedansi sesuai dengan saluran transmisi yand digunakan, jadi dummy load tidak harus bernilai 50 Ohm, tetapi bisa 75 Ohm, 120 Ohm, atau berapa saja. Karena mayoritas saluran transmisi pada transceiver adalah 50 Ohm, maka banyak kita jumpai dummy load memiliki impedansi murni sebesar 50 Ohm.

Ok, tadi saya menyebutkan impedansi murni, apa artinya ?

Kontruksi Homebrew RF Dummy Load

Kontruksi Homebrew RF Dummy Load

Bila kita bekerja pada frekuensi tinggi, maka kita akan dikenalkan dengan sebutan impedansi riil atau murni dan impedansi imaginer atau khayal. Impedansi imajiner atau khayal dibagi menjadi 2, yaitu bersifat induktif (kumparan) atau bersifat kapasitif (kondensator), dalam teori rangkaian listrik ketiganya dituliskan sebagai berikut:

Z = R + jX

Z adalah impedansi kompleks, yaitu campuran impedansi riil dan khayal (satuan Ohm)
R adalah impedansi riil (satuam Ohm)
X adalah impedansi khayal (satuan Ohm)
j adalah notasi untuk bilangan khayal, -j adalah kapasitif, +j adalah induktif

Bottom View

Bottom View

Sebuah antenna hertzian, atau antenna yang memenuhi kaidah/ hukum hertz, ambil saja dipole 1/2 lambda, ia memiliki impedansi (hampir) murni, yaitu memiliki impedansi khayal yang mendekati nilai nol, sementara impedansi riilnya memiliki nilai hampir 50 Ohm.

Lalu sebenarnya apa gunanya RF Dummy Load ?

Jawabanya, banyak … misalkan (silakan dilengkapi sendiri):

1. Sebagai pengganti antenna saat melakukan testing terhadap Transmitter.

Pada saat melakukan testing transmitter, selalu gunakan dummy load sebagai pengganti antenna. Sesuaikan besarnya impedansi dummy load dengan impedansi output transmitter, biasanya 50 Ohm, sehingga akan diperoleh SWR = 1, sehingga akan mencegah transistor final mengalami kerusakan.

2. Sebagai referensi dalam melakukan tuning antenna.

Dummy load yang matched dengan saluran transmisi transmitter maka akan menmberikan SWR = 1, maka bila antenna kita memberikan nilai SWR > 1, maka nilainya tidak sama dengan 50 Ohm.

Okay dech, mari kita tinggalkan teori-teori di atas, saya akan tunjukkan cara membuat RF Dummy Load yang mudah dan murah.

Bahan-bahan yang digunakan adalah:
1. Jack atau Socket PL (sesuai dengan terminal antenna anda)
2. PCB Polos, untuk memasang socket dan tempat menyatukan kaki-kaki resistor
3. 20 Buah resistor masing-masing 2W dengan nilai 1K, sehingga dummy load akan memiliki kemampuan mendisipasi daya RF sampai dengan 2W x 20 = 40 W

Usahakan resistor ini tidak bersifat induktif, dan hindari resistor kotak yang berwarna putih.

Potong PCB bulat dengan diameter 3 cm, buat lobang untuk menempatkan jack PL, lalu lakukan penyolderan semua resistor tersebut secara paralel, sehingga total nilai resistor adalah 50 Ohm. Lihat gambar RF Dummy Load yang saya buat, sederhana dan murah.

Saya pernah menanyakan ke salah satu kios di pasar Cikapundung Bandung, harga sebuah RF Dummy Load 10 Watt saja mencapai beberapa ratus ribu. Why should we waste our money ?

Homebrew RF Dummy Load di atas membutuhkan biaya kurang dari Rp.50.000,- dan menambah ketrampilan kita untuk menyolder. Hehehe …

Oh ya, karena resistor bulat yang bersifat resistif ini di pasaran biasanya memiliki kemampuan disipasi daya maksimum sebesar 2 W, maka untuk membuat RF Dummy Load dengan kemampuan
disipasi daya lebih besar dapat digunakan lebih banyak resistor dengan cara menghitung sbb:

Jumlah Resistor = Harga Sebuah Resistor / 50

Contoh:
Resistor 2K/2W, maka membutuhkan 2.000 / 50 = 40 buah
Kemampuan Disipasi Daya = 40 x 2 W = 80 Watt

Sya telah menggunakan RF Dummy Load buatan sendiri tersebut cukup baik untuk HF (High Frequency), dan sedikit deviated untuk VHF (Very High Frequency), namum masih “acceptable”.

Okay … tunggu apalagi, hemat uang anda dengan membuat sendiri RF Dummy Load !

Have a nice day … OM (Old Man).

Advertisements